Sabtu, 04 April 2015

KODE "Q" INTERNASIONAL DALAM RADIO AMATIR (I)


Kode Q ini dipergunakan dalam komunikasi CW dan merupakan singkatan dari suatu kebutuhan komunikasi antar stasiun radio amatir. Kode Q ini dapat dipergunakan secara luas dalam sistem komunikasi dengan CW, baik oleh Militer, Perusahaan, Pemerintahan dan stasiun-stasiun radio lainnya.
Kode Q hanya terdiri dari 3 (tiga) huruf yang diawali dengan huruf Q dan merupakan suatu: Informasi, Penjelasan, Situasi, Kondisi, Tindakan dan lain-lain.
Kode Q ini merupakan PERNYATAAN dari satu pihak/stasiun, dan di lain pihak merupakan JAWABAN/PERNYATAAN yang diinginkan.
Kode Q ini diawali dengan QAA sampai dengan QZZ dan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti: Keadaan Cuaca, Perjalanan, Penerbangan, Pelayaran, Kegiatan-kegiatan SAR dan lain-lain. Sedangkan untuk komunikasi dipergunakan mulai ORA sampai dengan QUZ.
Kode Q yang umum dipergunakan dalam komunikasi Amatir Radio, antara lain:

BAHAGIAN PERTAMA


PERTANYAANPERNYATAAN/JAWABAN
QRAApa nama stasiun saudara?
QRA?
Nama stasiun saya ...
QRA ... (nama stasiun)
QRBSeberapa jauh letak stasiun saudara dari tempat saya?
QRB?
Jarak antara kita adalah ... (m/Km)
QRB ... (m/Km)
QRDMau kemana dan dari mana?
QRD?
Ke ... (tujuan) dari ... (asal)
QRD ... (tujuan) ... (asal)
QRGBerapa frekuensi saya sebenarnya?
QRG?
Frekuensi anda adalah ... (MHz/KHz)
QRG ... (MHz/KHz)
QRHApakah frekuensi saya bergerak/bergeser?
QRH?
Frekuensi anda bergerak/bergeser ... KHz
QRH ... KHz Down/Up (kalau bergerak)
QRH N (kalau tidak bergerak)
QRIBagaimana nada pancaran saya?
QRI?
"Nada pancaran anda ..." atau "QRI ..."
(1:Baik 2:Sedang 3:Jelek)
QRKBagaimana readibility signal saya?
QRK?
"Readibility signal saudara adalah ..." atau "QRK ..."
(1:Sangat lemah, 2:Lemah, 3:Cukup, 4:Kuat, 5:Kuat sekali)
QRL"Apakah anda sibuk?" atau "Apakah frekuensi ini sedang dipergunakan?"
QRL?
"Ya, saya sedang sibuk" atau "Frekuensi ini sedang dipergunakan oleh ... (nama stasiun)"
"QRL" atau "QRL ... (nama stasiun)"
QRMApakah anda terganggu oleh signal lain?
QRM?
"Saya ..." atau "QRM ..."
(1:Tidak terganggu, 2:Agak terganggu, 3:Terganggu, 4:Terganggu sekali, 5:Sangat terganggu)
QRNApakah anda mengalami gangguan statik?
QRN?
"Saya ..." atau "QRN ..."
(1:Tidak terganggu, 2:Agak terganggu, 3:Terganggu, 4:Terganggu sekali, 5:Sangat terganggu)
QROHaruskah saya membesarkan daya pancar saya?
QRO?
Besarkanlah daya pancar anda
QRO
QRPHaruskah saya mengecilkan daya pancar saya?
QRP?
Kecilkanlah daya pancar anda
QRP
QRQPerlukah saya percepat pengiriman?
QRQ?
Percepat pengiriman ... WPM
QRG ... WPM
QRQ N (kalau tidak perlu)
QRRSiapkah anda untuk menerima CW?
QRR?
Kirimlah ... WPM
QRR ... WPM
QRSPerlukah pengiriman diperlambat?
QRS?
Perlambat pengiriman ... WPM
QRS ... WPM
QRTApakah pengiriman ingin dihentikan?
QRT?
Hentikan pengiriman
QRT
QRUApakah ada sesuatu untuk saya?
QRU?
Tidak ada sesuatu untuk anda
QRU
QRVApakah anda sudah siap?
QRV?
Saya telah siap
QRV
QRWApakah ... (stasiun) harus saya beritahu bahwa anda memanggilnya pada ... (MHz/KHz)?
QRW?
Beritahulah ... (stasiun) bhawa saya memanggilnya pada ... (MHz/KHz)
QRW ... (nama stasiun) ... (MHz/KHz)
QRXKapan anda memanggil saya lagi?
QRX?
Saya panggil anda ... (waktu) ... (KHz/MHz)
QRX ... (waktu) ... (MHz/KHz)
QRYKapan giliran saya?
QRY?
Giliran anda setelah ... (nama stasiun)
QRY ... (nama stasiun)
QRZSiapa memanggil saya?
QRZ?
Anda dipanggil ... (nama stasiun) di ... (MHz/KHz)
QRZ ... (nama stasiun) ... (MHz/KHz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar