Kamis, 19 Maret 2015

MENGENAL LEBIH DEKAT LONTARA COMMUNITY


Apa itu LONTARA..??

Lontara berasal dari kata LONTAR yang mendapat akhiran “A” yang tiada lain dari arti AKSARA. Sehingga LONTARA menjadi AKSARA dalam bahasa BUGIS – MAKASSAR disebut Bahasa AKSARA LONTARA yang sama dengan dengan Bahasa KAWI di JAWA. Kembali ke asal kata LONTAR itu sendiri adalah sejenis Pohon dari rumpun keluarga PALMAE atau Pinang-Pinangan.
Pohon Lontar (Borassus flabellifer) tumbuh di daerah kering. Pohon ini dapat dijumpai di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Indonesia, Pohon Siwalan tumbuh di Jawa Timur dan Jawa Tengah bagian timur, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi.
Pohon Siwalan atau Lontar mulai berbuah setelah berusia sekitar 20 tahun dan mampu hidup hingga 100 tahun lebih. Dibeberapa daerah disebut juga sebagai ental atau siwalan (Sunda, Jawa, dan Bali), lonta (Minangkabau), taal (Madura), dun tal (Saksak), jun tal (Sumbawa), tala (Sulawesi Selatan), lontara (Toraja), lontoir (Ambon), manggitu (Sumba) dan tua (Timor). Dalam bahasa inggris disebut sebagai Lontar Palm.
Daun Lontar inilah yang digunakan sebagai MEDIA KOMUNIKASI VERBAL dari para tetua kita lintas kerajaan sebelum ditemukan KERTAS. Daun Lontar (Borassus flabellifer) digunakan sebagai bahan kerajinan seperti kipas, tikar, topi, aneka keranjang, tenunan untuk pakaian dan sasando, alat musik tradisional di Timor. Sedang Tangkai dan pelepah pohon Siwalan (Lontar atau Tal) dapat menhasilkan sejenis serat yang baik. Pada masa silam, serat dari pelepah Lontar cukup banyak digunakan di Sulawesi Selatan untuk menganyam tali atau membuat songkok, semacam tutup kepala setempat.

(BERSAMBUNG)

4 komentar:

  1. Untuk Kebersamaan kita MAJU BARENG-BARENG

    BalasHapus
  2. Sekadar info : Kata "Tala" Banyak digunakan oleh masyarakat di daerah sebelh selatan Kabupaten Bone, sedangkan daerah Kabupaten Bone digunakan kata "TA", untuk buahx digunakan kata"BOTAA".

    BalasHapus
  3. LONTARA yang dipahami oleh orang-orang Awam, adalah sebuah Pohon, padahal setelah saya pahami, ternyata LONTARA merupakan SImbol yang tersirat dari LONTARA itu sendiri. LONTARA memiliki Makna 4 Sisi Kehidupan yang tergambar dalam APPA SULAPA, yg memiliki makna hakiki yg sangat SAKRAL, krn ketika kita memahami lalu tidak mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita bukanlah org yg dimaksud dlm LONTARA tsb. krn makna Lontara terkait dgn gambaran perjalanan kehidupan bagi orang-orang yg di muliakan oleh KARAENG TA. (Bersambung)

    BalasHapus